KEPASTIAN HUKUM HAK ATAS TANAH

Hakikat kepastian hukum yang sebenarnya terletak pada kekuatan sertipikat hak atas tanah sebagai bukti kepemilikan termasuk di Pengadilan, namun kepastian hukum dengan sistem negatif pada hakikatnya kepastian hukum yang relatif, dengan pengertian bahwa peraturan perundang-undangan dijamin kepastian hukum selama tidak dibuktikan sebaliknya (Muchtar Wahid, 2005 : 38).

Dengan adanya lembaga publikasi negatif maka pemilik hak atas tanah yang sebenarnya belum tentu namanya terdaftar di dalam buku tanah, sedangkan pemegang sertipikat hak atas tanah yang namanya sudah terdaftar di buku tanah sepanjang tidak terbukti sebaliknya tetap dianggap sebagai pemegang hak atas tanah yang sebenarnya.

Khusus terhadap hak milik, yakni menurut Pasal 20 ayat (1) Undang-undang Nomor 5 Tahun 1960 (Undang-undang Pokok Agraria) ditentukan lain yaitu adanya unsur turunan, terkuat dan terpenuh. Walaupun demikian tinggi kedudukan sertipikat hak atas tanah sebagai alat bukti, namun tetap diperlakukan sebagai alat bukti awal, karena didasari kemungkinan adanya alat pembuktian pihak lain yang lebih berwenang, tidak terkecuali terhadap sertipikat hak milik yang terkuat dan terpenuh sekalipun.

Hapusnya hak atas tanah terdaftar dalam arti luas, yaitu berakhirnya tanggung jawab negara terhadap hak atas tanah terdaftar di Kantor Pertanahan dengan atau tanpa kemauan pemegangnya, baik berdasarkan ketetapan konstitutif ataupun deklaratoir, oleh Kepala Kantor Pertanahan dicatat di buku tanah dan surat ukur serta dimusnahkannya sertipikat hak atas tanah bersangkutan.

Hapusnya hak atas tanah terdaftar dalam arti sempit, yaitu berakhirnya tanggung jawab negara terhadap hak atas tanah terdaftar di Kantor Pertanahan tanpa kemauan yang punya berdasarkan ketetapan konstitutif ataupun deklaratoir, oleh Kepala Kantor Pertanahan dicatat di buku tanah dan surat ukur bersangkutan. (S. Chandra, S.H., M. Kn, Srtipikat Kepemilikan Hak atas Tanah Persyaratan Permohonan di Kantor Pertanahan : 122-123)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>